Sabtu, 20 Februari 2010

KEBUDAYAAN DAERAH SURABAYA (TARI HADRAH JIDOR)

Tarian Hadrah , adalah pengembangan islam campuran seni musik hadrah. Tarian ini merupakan gabungan dari budaya Islam terutama Timur dan Jawa Tengah. gerakan tarian ini adalah gerakan dinamika pemukul Rebana Terbang bebas di awal, namun, pada tahun 1990 sebagian dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo koreografer dikombinasikan gerakan dinamis. (Tari Hadrah, Merupakan Suatu pengembangan kesenian musik hadrah yang kental dengan nuansa islami. Tarian Ini merupakan paduan budaya Islam kususnya Timur Tengah dan DKI, pada awalnya tarian Ini merupakan gerak gerakan dinamis para pemukul rebana terbang secara bebas sesuai penabuh terbang. namun pada tahun 1990 Beberapa koreografer Penata surabaya, gresik, sidoarjo menyelaraskan gerakan dinamis.)



Para pemukul menciptakan sebuah tari dalam sebuah gerakan yang tertata secara baik dan disertai dengan musik dan Terbang Jidor, pada umumnya, itu lengkap dengan lagu Pujian kepada Allah dan saran untuk kehidupan sehari-hari manusia.

Hadrah musik juga digunakan sebagai upacara pernikahan dan ritual / upacara syukuran prosesi dalam manifestasi dari host, karena bersifat dinamis dan ceria, sehingga musik dan tarian ini sangat menarik formany bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar