Sabtu, 20 Februari 2010

Pemerintah Terapkan Sistem Elektronik Menyimpan Karya Ilmiah


Kementerian Pendidikan Nasional akan memperkenalkan sistem elektronik untuk menyimpan data karya ilmiah. Langkah ini untuk menghindari plagiatisme pada karya ilmiah.

Sistem elektronik ini nantinya akan menyimpan data seluruh karya ilmiah secara nasional. Sehingga orang yang hendak meniru karya ilmiah milik orang lain tidak mempunyai kesempatan lagi.

"Misalnya saja kita memasukkan keyword kata tertentu dan sistem itu akan otomatis menampilkan seluruh karya ilmiah yang mengandung kata itu," kata Menteri Pendidikan Nasional, M Nuh kepada wartawan seusai meresmikan Gedung Direktorat Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya ITS, Jalan Sukolilo, Sabtu (20/2/2010).

Mantan rektor ITS ini menjelaskan bahwa sistem ini sebenarnya adalah sistem lama yang diaktifkan kembali. Namun sistem ini diharapkan bisa menghilangkan plagiatisme karya ilmiah.

Sistem ini juga akan menyimpan seluruh karya ilmiah nasional pada seluruh jenjang pendidikan. Artinya database sistem ini tidak mengenal tingkatan pendidikan.

Data yang disimpan dalam database adalah data keseluruhan karya ilmiah itu. Data yang dimasukkan adalah data dalam seluruhnya mulai dari tahun-tahun sebelumnya hingga tahun ini. "Itu adalah salah satu langkah kami untuk menghilangkan plagiat di lingkungan akademisi," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar